KURIKULUM
TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
SMK
PARIWISATA CITAYAM
PROGRAM KEAHLIAN :AKOMODASI PERHOTELAN
3.1. Tujuan Pendidikan Menengah Kejuruan
Tujuan Pendidikan Menengah Kejuruan
adalah meningkatkan kecerdasan pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta
keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai
dengan kejuruannya.
3.2.
Visi dan Misi
SMK PARIWISATA CITAYAM
3.2.1. V I
S I
MENJADIKAN SMK PARIWISATA CITAYAM SEBAGAI
PENDIDIKAN UNGGULAN DI BIDANG PARIWISATA DENGAN MEMILIKI KEMAMPUAN
KEWIRAUSAHAAN, KREATIF, MANDIRI DAN KOMPETITIF, SERTA MENGHASILKAN LULUSAN YANG
ERIMAN, BERTAKWA, BERBUDI PEKERTI LUHUR UNTUK MEWUJUDKAN PELAYANAN PRIMA.
3.2.2. M I
S I
1.
Mengembangkan kehidupan yang beriman, bertakwa, berbudi
pekerti luhur dan kejujuran, kedisiplinan, kerja sama serta menjungjung tinggi nilai-nilai
budaya bangsa.
2. Menghasilkan tamatan yang memiliki kompetensi tinggi,
mampu bersaing di pasar tenaga kerja nasional dan internasional.
3.
Menghasilkan tamatan yang mampu memenuhi tuntutan ilmu
pengetahuan dan teknologi sebagai bekal untuk mengembangkan dirinya.
4. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan di bidang
teknologi bagi masyarakat.
5.
Menciptakan suasana belajar yang kondusif dan agamis
3.3. Tujuan SMK Pariwisata Citayam
1. Mempersiapkan peserta didik agar menjadi manusia produktif, mampu bekerja
mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada di Dunia Usaha / Dunia Industri
sebagai tenaga kerja tingkat menengah, sesuai dengan kompetensi dalam program
keahlian pilihannya.
2. Membekali peserta didik agar mampu memilih karir, ulet dan gigih dalam
berkompetensi, beradaptasi dilingkungan kerja dan mengembangkan sikap
professional dalam bidang keahlian yang diminatinya.
3. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni agar
mampu mengembangkan diri dikemudian hari baik secara mandiri maupun melalui
jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
3.4. Tujuan Program Keahlian Akomodasi Perhotelan
Program
Keahlian Akomodasi Perhotelan pada SMK Pariwisata cityam bertujuan untuk :
1. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan
peserta didik
2. Mendidik peserta didik agar menjadi
warga negara yang bertanggung jawab
3. Mendidik peserta didik agar dapat
menerapkan hidup sehat, memiliki wawasan pengetahuan dan seni
4. Mendidik peserta didik dengan keahlian
dan ketrampilan dalam progran keahlian Teknik Komputer dan Jaringan, agar dapat
bekerja baik secara mandiri atau mengisi pekerjaan yang ada di DUDI sebagai
tenaga kerja tingkat menengah.
5. Mendidik Peserta didik agar mampu
memilih karir, berkompetisi dan mengembangkan sikap professional dalam program
keahlian Teknik Komputer dan Jaringan.
6. Membekali peserta didik dengan ilmu
pengetahuan dan keterampilan sebagai bekal bagi yang berminat untuk melanjutkan
pendidikan yang lebih tinggi.
3.5.
Standar
Kompetensi
A.
Standar Kompetensi Lulusan ( SKL ) SMK
1. Berperilaku sesuai dengan ajaran agama
yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja.
2. Mengembangkan diri secara optimal
dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya.
3. Menunjukkan sikap percar diri dan
bertanggungjawab atas perilaku, perbuatan dan pekerjaannya.
4. Berpartisipasi dalam menegakkan
aturan-aturan social.
5. Menghargai keberagaman agama, bangsa,
suku, ras dan golongan social ekonomi dalam lingkup global.
6.
Membangun dan
menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif dan
inovatif.
7. Menunjukkan kemampuan berpikir logis,
kritis, kreatif dan inovatif dalam pengambilan keputusan.
8. Menunjukkan kemampuan budaya belajar
untuk pemberdayaan diri.
9. Menunjukkan sikap kompetitif dan
sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik.
10. Menunjukkan kemampuan menganalisis dan
memecahkan masalah komplek.
11. Menunjukkan kemampuan menganalisis
gejala alam dan social.
12. Memanfaatkan lingkungan secara
produktif dan bertanggungjawab.
13. Berpartisipasi dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa, bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan
Republik Indonesia.
14. Mengekspresikan diri melalui kegiatan
seni dan budaya.
15. Mengapresiasikan karya seni dan
budaya.
16. Menghasilkan karya kreatif baik
individual maupun kelompok.
17. Menjaga kesehatan dan keamanan diri,
kebugaran jasmani serta kebersihan lingkungan.
18.
Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan
santun.
19. Memahami hak dan kewajiban diri dan
orang lain dalam pergaulan di masyarakat.
20.
Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati
terhadap orang lain.
21. Menunjukkan keterampilan membaca dan menulis
naskah secara sistimatis dan estesis.
22. Menunjukkan keterampilan menyimak,
membaca, menulis dan berbicara dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
23. Menguasai kompetensi program keahlian
dan kewirausahaan baik untuk memenuhi tuntutan dunia kerja maupun untuk
mengikuti pendidikan tinggi sesuai dengan kejuruannya.
B.
Standar
Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran
1. Pendidikan Agama Islam
a. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan fungsi
manusia sebagai khalifah, demokrasi serta pengembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi
b. Meningkatkan keimanan kepada Allah sampai Qadha dan Qadar
melalui pemahaman terhadap sifat dan Asmaul Husna
c.
Berperilaku terpuji seperti husnuzzhan, taubat dan raza
dan meninggalkan perilaku tercela seperti isyrof, tabdzir dan fitnah
d. Memahami sumber hukum Islam dan hukum taklifi serta
menjelaskan hukum muamalah dan hukum keluarga dalam Islam
e.
Memahami sejarah Nabi Muhammad pada periode Mekkah dan
periode Madinah serta perkembangan Islam di Indonsia dan di dunia
2.
Pendidikan
Agama Kristen
a.
Mewujudkan nilai-nilai kristiani dalam pergaulan antar
pribadi dan kehidupan sosial
b. Merespon berbagai bentuk kehidupan modern, perkembangan
budaya dan ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan mengacu pada ajaran Kristen
c.
Bertanggung jawab sebagai orang Kristen dalam kehidupan
gereja, masyarakat dan bangsa
d.
Menyampaikan berita damai dan menjadi pembawa damai
sejahtera
3.
Pendidikan
Kewarganegaraan
a.
Memahami hakekat bangsa dan Negara Kesatuan Republik
Indonesia
b. Menganalisis sikap positif terhadap penegakan hukum, peradilan
nasional, dan tindakan anti korupsi
c.
Menganalisis pola-pola
dan partisipasi aktif dalam
pemajuan, penghormatan serta penegakan HAM baik di Indonesia maupun di luar negeri
d.
Menganalisis peran dan hak warganegara dan sistem
pemerintahan NKRI
e.
Menganalisis budaya politik demokrasi, konstitusi ,
kedaulatan negara, keterbukaan dan keadilan di Indonesia
f.
Mengevaluasi hubungan internasional dan sistem hukum
internasional
g.
Mengevaluasi sikap berpolitik dan bermasyarakat madani
sesuai dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945
h.
Menganalisis peran Indonesia dalam politik dan hubungan
internasional, regional, dan kerja sama global lainnya
i. Menganalisis sistem hukum internasional, timbulnya
konflik internasional, dan mahkamah internasional
4.
Bahasa
Indonesia
Tingkat
Semenjana
a. Mendengarkan
Memahami wacana
lisan dalam kegiatan penyampaian dan penerimaan informasi yang berkaitan dengan
kehidupan sehari-hari.
b. Berbicara
Menggunakan
wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan penyampaian informasi yang
berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
c. Membaca
Menggunakan
berbagai jenis membaca untuk memahami wacana tulis berupa teks, grafik, dan
tabel yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
d. Menulis
Menggunakan
berbagai jenis wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
penyampaian informasi dalam bentuk teks,
grafik, dan tabel yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
Tingkat
Madia
a. Mendengarkan
Memahami wacana lisan
dalam kegiatan penyampaian dan penerimaan informasi yang berkaitan dengan
pekerjaan
b. Berbicara
Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan penyampaian informasi yang berkaitan dengan pekerjaan
c. Membaca
Menggunakan
berbagai jenis membaca untuk memahami wacana tulis berupa teks, grafik, dan tabel yang berkaitan
dengan pekerjaan
d. Menulis
Menggunakan
berbagai jenis wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan penyampaian informasi dalam bentuk teks, grafik, dan
tabel yang berkaitan dengan pekerjaan
Tingkat Unggul
a. Mendengarkan
Memahami wacana lisan dalam kegiatan
penyampaian dan penerimaan informasi yang berkaitan dengan kegiatan ilmiah
sederhana
b. Berbicara
Menggunakan
wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan penyampaian informasi
yang berkaitan dengan kegiatan ilmiah sederhana
c. Membaca
Menggunakan
berbagai jenis membaca untuk memahami wacana tulis berupa teks, grafik, dan
tabel yang berkaitan dengan kegiatan ilmiah sederhana
d. Menulis
Menggunakan
berbagai jenis wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
penyampaian informasi dalam bentuk teks,
grafik, dan tabel yang berkaitan dengan kegiatan ilmiah sederhana
5. Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan
Kesehatan
a.
Mempraktekkan keterampilan permainan dan olahraga dengan
menggunakan peraturan
b.
Mempraktekkan
rangkaian senam lantai dan irama serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
c. Mempraktekkan
pengembangan mekanik sikap tubuh, kebugaran jasnani serta aktivitas lainnya
d.
Mempraktekkan
gerak ritmik yang meliputi senam pagi, senam aerobik, dan aktivitas lainnya
e.
Mempraktekkan
kegiatan dalam air seperti renang, permainan di air dan keselamatan di air
f. Mempraktekkan kegiatan-kegiatn di luar kelas seperti
melakukan perkemahan, penjelajahan alam sekitar, mendaki gunung, dan lain-lain
g.
Memahami budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari
seperti perawatan tubuh serta lingkungan yang sehat, mengenal berbagai penyakit
dan cara mencegahnya serta menghindari narkoba dan HIV
6.
Seni
dan Budaya
Seni
Rupa
a.
Memahami konsep seni rupa dan memahami pentingnya seni
rupa dalam kehidupan
b.
Menunjukan sikap apresiatif terhadap seni rupa
Seni
Musik
a.
Memahami konsep seni musik dan memahami pentingnya seni
musik dalam kehidupan
b.
Menunjukan sikap apresiatif terhadap seni musik
Seni Tari
a.
Memahami konsep seni tari dan memahami pentingnya seni
tari dalam kehidupan
- Menunjukan
sikap apresiatif terhadap seni tari
Teater
a.
Memahami konsep teater dan memahami pentingnya teater
dalam kehidupan
b.
Menunjukan sikap apresiatif terhadap teater
7.
Matematika
a.
Memahami
konsep operasi bilangan riil serta penerapannya dalam pemecahan masalah
b.
Memahami
konsep aproksimasi kesalahan serta penerapannya dalam pemecahan masalah
c.
Memahami
sistem persamaan linier, pertidaksamaan linier, dan persamaan kuadrat, serta
penerapannya dalam pemecahan masalah
d.
Memahami
logika matematik dalam pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor serta
penerapannya dalam pemecahan masalah
e.
Memahami
konsep matriks dan penerapannya dalam pemecahan masalah yang terkait dengan
matriks
f.
Memahami
konsep perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dan
penerapannya dalam pemecahan masalah
g.
Memahami
konsep persamaan fungsi linier dan fungsi kuadrat dan penerapannya dalam
pemecahan masalah
h.
Memahami
konsep barisan dan deret dan penerapannya dalam pemecahan masalah
i.
Memahami
konsep kedudukan, jarak, dan besar sudut dalam ruang dimensi dua dan
penerapannya dalam pemecahan masalah
j.
Memahami
konsep vektor dan penerapannya dalam pemecahan masalah
k.
Memahami
konsep teori peluang dan penerapannya dalam pemecahan masalah
l.
Memahami
konsep statistik sederhana dan penerapannya dalam pemecahan masalah
m.
Memahami
konsep irisan kerucut dan penerapannya dalam pemecahan masalah
n.
Memahami
konsep limit fungsi dan turunan fungsi dan penerapannya dalam pemecahan masalah
o.
Memahami
konsep integral dan penerapannya dalam pemecahan masalah
p.
Menghargai
kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian,
dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam
pemecahan masalah
q.
Menalar
secara kritis dan mengembangkan aktivitas kreatif dalam memecahkan masalah
serta mengkomunikasikan ide
r.
Menerapkan
Matematika sebagai dasar penguasaan kompetensi produktif dan pengembangan diri
8.
Ilmu
Pengetahuan Alam ( IPA )
a. Mampu
mengenali gejala-gejala alam melalui pengamatan langsung dan menafsirkannya
untuk kepentingan kehidupan sehari-hari
b.
Mengenali
berbagai jenis polusi dan dampaknya terhadap manusia dan lingkungan
c. Memiliki
kesadaran dan mampu berperanserta dalam memelihara, menjaga, dan melestarikan
ekosistem lingkungan dan sumber daya alam
d.
Menerapkan IPA sebagai dasar penguasaan kompetensi
produktif dan pengembangan diri
9.
Fisika
a. Memahami
prinsip-prinsip pengukuran dan melakukan pengukuran besaran fisika secara langsung, tidak langsung, secara cermat, teliti, dan obyektif
b. Menganalisis
gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik, kekekalan
energi, impuls, dan momentum
c.
Memahami
sifat mekanik bahan serta menentukan kekuatan bahan
d. Mendeskripsikan
prinsip dan konsep konservasi kalor sifat gas ideal, fluida dan perubahannya
yang menyangkut hukum termodinamika serta penerapannya dalam mesin kalor
e.
Menerapkan
konsep dan prinsip optik dan gelombang dalam berbagai penyelesaian masalah
f. Memahami
konsep getaran, gelombang, dan bunyi serta penerapannya untuk pemecahan masalah
g.
Menerapkan
konsep dan prinsip kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai masalah
h. Menguasai
konsep dasar Fisika yang mendukung secara langsung pencapaian kompetensi
program keahliannya
i. Menerapkan
konsep dasar Fisika untuk mendukung penerapan kompetensi program keahliannya
dalam kehidupan sehari-hari
j. Menerapkan
konsep dasar Fisika untuk mengembangkan kemampuan program keahliannya pada
tingkat yang lebih tinggi
10.
Kimia
a. Memahami konsep materi dan perubahannya, fenomena reaksi
kimia yang terkait dengan kinetika, kesetimbangan, kekekalan masa dan kekekalan
energi
b. Memahami sifat berbagai larutan asam-basa, larutan
koloid, larutan elektrolit-non elektrolit, termasuk cara pengukuran dan
kegunaannya
c.
Memahami konsep reaksi oksidasi-reduksi dan elektrokimia
serta penerapannya dalam fenomena pembentukan energi listrik, korosi logam, dan
pemisahan bahan (elektrolisis)
d. Memahami struktur molekul dan reaksi senyawa organik yang
meliputi benzena dan turunannya, lemak, karbohidrat, protein, dan polimer serta
kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
e. Meningkatkan kesadaran tentang terapan kimia yang dapat
bermanfaat dan juga merugikan bagi individu, masyarakat, dan lingkungan serta
menyadari pentingnya mengelola dan melestarikan lingkungan demi kesejahteraan
masyarakat
f. Memahami konsep, prinsip, hukum, dan teori kimia serta
saling keterkaitannya dan penerapannya untuk menyelesaikan masalah dalam
kehidupan sehari-hari dan teknologi
g. Menggunakan pengetahuan dasar kimia dalam kehidupan
sehari-hari, dan memiliki kemampuan dasar kimia sebagai landasan dalam
mengembangkan kompetensi di masing-masing bidang keahlian.
11. Bahasa Inggris
Level
Novice
a.
Mendengarkan
Memahami makna dalam
wacana lisan interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal,
dalam bentuk mendengarkan permintaan dan perintah yang berkaitan dengan
kehidupan sehari-hari
b.
Berbicara
Mengungkapkan
makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara
formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan permintaan dan perintah yang berkaitan dengan
kehidupan sehari-hari
c.
Membaca
Memahami makna
dalam wacana tulis interpersonal dan transaksional, secara formal maupun
informal, dalam bentuk menyimak permintaan dan perintah yang berkaitan dengan
kehidupan sehari-hari
d.
Menulis
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana
interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk
menyampaikan secara tertulis permintaan dan perintah yang berkaitan dengan
kehidupan sehari-hari
Level
Elementary
a. Mendengarkan
Memahami makna
dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional, secara formal maupun
informal, dalam bentuk mendengarkan permintaan dan perintah yang berkaitan
dengan pekerjaan
b. Berbicara
Mengungkapkan
makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal
maupun informal, dalam bentuk menyampaikan
permintaan dan perintah yang berkaitan dengan pekerjaan
c. Membaca
Memahami makna
dalam wacana tulis interpersonal dan transaksional, secara formal maupun
informal, dalam bentuk menyimak permintaan dan perintah yang berkaitan dengan
pekerjaan
d. Menulis
Mengungkapkan
makna secara tertulis dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara
formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan secara tertulis permintaan
dan perintah yang berkaitan dengan pekerjaan
Level
Intermediate
a.
Mendengarkan
Memahami makna
dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional, secara formal maupun
informal, dalam bentuk mendengarkan permintaan dan perintah yang berkaitan
dengan keprofesian
b.
Berbicara
Mengungkapkan
makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal
maupun informal, dalam bentuk menyampaikan
permintaan dan perintah yang berkaitan dengan keprofesian
c.
Membaca
Memahami
makna dalam wacana tulis interpersonal dan transaksional, secara formal maupun
informal, dalam bentuk menyimak permintaan dan perintah yang berkaitan dengan
keprofesian
d.
Menulis
Mengungkapkan
makna secara tertulis dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara
formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan secara tertulis permintaan
dan perintah yang berkaitan dengan keprofesian
12.
Ilmu
Pengetahuan Sosial ( IPS )
a. Memahami konsep-konsep interaksi antar individu serta
interaksi dengan lingkungan masyarakat sekitar
b. Memahami proses perkembangan kolonialisme dan
imperialisme barat hingga terjadinya kebangkitan nasional
c.
Memahami konsep kebutuhan manusia akan barang serta
memahami proses-proses dasar ekonomi dalam rangka pemenuhan kebutuhan
d.
Berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, memecahkan
masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial ekonomi
e.
Memiliki komitmen tinggi terhadap nilai-nilai sosial,
budaya, dan kemanusiaan
f. Mampu
berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk di
tingkat lokal, nasional, dan global.
13.
Ketrampilan Kompetensi dan Pengelolaan Informasi ( KKPI )
a. Mampu
mengoperasikan komputer PC
b. Mampu
mengoperasikan sistem operasi software
c.
Mampu menggunakan teknologi komputer untuk mengolah data,
keperluan sehari-hari serta keperluan yang terkait dengan kebutuhan dunia kerja
d. Mampu mengoperasikan PC dalam suatu jaringan serta
mengoperasikan web design
14.
Kewirausahaan
a. Mampu mengidentifikasi kegiatan dan peluang usaha dalam
kehidupan sehari-hari, terutama yang terjadi di lingkungan masyarakatnya
b.
Menerapkan sikap dan perilaku wirausaha dalam kehidupan
sehari-hari di lingkungan masyarakatnya
c.
Memahami sendi-sendi kepemimpinan dan mampu menerapkannya
dalam kehidupan sehari-hari serta menerapkan perilaku kerja prestatif dalam
kehidupannya
d.
Mampu merencanakan sekaligus mengelola usaha kecil/mikro
dalam bidangnya
15. Muatan Lokal/Global
a. Bahasa Sunda
Menyimak
mampu menyimak, memahami dan menanggapi berbagai wacana lisan yang berupa
pidato (biantara) dan siaran radio/televisi.
Mengungkapkan
mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara lisan dalam
menceritakan pengalaman berpidato (bercerita). (ngadongeng), berdiskusi
kelompok dan bercakap-cakap dalam situasi
Membaca
mampu membaca, memahami dan menanggapi berbagai wacana yang berupa sejarah
lokal atau cerita babad, puisi dan berita dari surat kabar/majalah/media
elektronik.
b. Pendidikan Lingkungan Hidup
1.
Memahami konsep dasar lingkungan hidup
2. Menerapkan nilai-nilai ketertiban, kebersihan, dan
keindahan dalam kehidupan dirumah, sekolah dan dimasyarakat.
3. Membiasakan diri berbudaya tertib pada lingkungan
keluarga, sekolah dan masyarakat.
4. Membiasakan diri berbudaya bersih pada lingkungan
keluarga, sekolah dan masyarakat.
5. Menerapkan nilai-nilai keindahan pada lingkungan
keluarga, sekolah dan masyarakat.
6.Menerapkan konsep pembibitan, penanaman,
perawatan/pemeliharaan dan pengawasan lingkungan hidup (P4LH).
7.
Melakukan pembibitan tanaman sebagai upaya nyata untuk
pengelolaan lingkungan hidup.
8.
Menilai IPTEK dalam pengelolaan Lingkungan Hidup
9.
Menerapkan IPTEK dalam pengelolaan Lingkungan Hidup.
c. Bahasa Jepang Tingkat Dasar I
(76 X 45 menit)
Mendengarkan
Memahami
makna dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional, secara formal maupun
informal, dalam bentuk mendengarkan permintaan dan perintah yang berkaitan
dengan kehidupan sehari-hari
Berbicara
Mengungkapkan
makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara
formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan permintaan dan perintah yang berkaitan dengan
kehidupan sehari-hari
Membaca
Memahami makna dalam
wacana tulis interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal,
dalam bentuk menyimak permintaan dan perintah yang berkaitan dengan kehidupan
sehari-hari
Menulis
Mengungkapkan makna
secara tertulis dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal
maupun informal, dalam bentuk menyampaikan secara tertulis permintaan dan
perintah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
Tidak ada komentar:
Posting Komentar