SELAMAT DATANG DI BLOG SMK PARIWISATA CITAYAM "BAGI YANG MAU POSTING MATAPELAJARAN, SISWA MAUPUN GURU BISA HUB MELALUI EMAIL CUCURUT57@GMAIL.COM" Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu"Ki Hadjar Dewantara"

Jumat, 24 Juni 2016

KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN SMK PARIWISATA CITAYAM

KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN

SMK PARIWISATA CITAYAM
PROGRAM KEAHLIAN :AKOMODASI PERHOTELAN


3.1.  Tujuan Pendidikan Menengah Kejuruan


Tujuan Pendidikan Menengah Kejuruan adalah meningkatkan kecerdasan pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya.

3.2.  Visi dan Misi SMK PARIWISATA CITAYAM


3.2.1. V I S I
MENJADIKAN SMK PARIWISATA CITAYAM SEBAGAI PENDIDIKAN UNGGULAN DI BIDANG PARIWISATA DENGAN MEMILIKI KEMAMPUAN KEWIRAUSAHAAN, KREATIF, MANDIRI DAN KOMPETITIF, SERTA MENGHASILKAN LULUSAN YANG ERIMAN, BERTAKWA, BERBUDI PEKERTI LUHUR UNTUK MEWUJUDKAN PELAYANAN PRIMA.

3.2.2. M I S I
1.    Mengembangkan kehidupan yang beriman, bertakwa, berbudi pekerti luhur dan kejujuran, kedisiplinan, kerja sama serta menjungjung tinggi nilai-nilai budaya bangsa.
2.   Menghasilkan tamatan yang memiliki kompetensi tinggi, mampu bersaing di pasar tenaga kerja nasional dan internasional.
3.    Menghasilkan tamatan yang mampu memenuhi tuntutan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai bekal untuk mengembangkan dirinya.
4. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan di bidang teknologi bagi masyarakat.
5.    Menciptakan suasana belajar yang kondusif dan agamis

3.3.  Tujuan SMK Pariwisata Citayam

1. Mempersiapkan peserta didik agar menjadi manusia produktif, mampu bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada di Dunia Usaha / Dunia Industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah, sesuai dengan kompetensi dalam program keahlian pilihannya.

2.    Membekali peserta didik agar mampu memilih karir, ulet dan gigih dalam berkompetensi, beradaptasi dilingkungan kerja dan mengembangkan sikap professional dalam bidang keahlian yang diminatinya.

3.    Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni agar mampu mengembangkan diri dikemudian hari baik secara mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi.



3.4.  Tujuan Program Keahlian Akomodasi Perhotelan

Program Keahlian Akomodasi Perhotelan pada SMK Pariwisata cityam   bertujuan untuk :
1.  Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik
2.  Mendidik peserta didik agar menjadi warga negara yang bertanggung jawab
3. Mendidik peserta didik agar dapat menerapkan hidup sehat, memiliki wawasan pengetahuan dan seni
4.  Mendidik peserta didik dengan keahlian dan ketrampilan dalam progran keahlian Teknik Komputer dan Jaringan, agar dapat bekerja baik secara mandiri atau mengisi pekerjaan yang ada di DUDI sebagai tenaga kerja tingkat menengah.
5. Mendidik Peserta didik agar mampu memilih karir, berkompetisi dan mengembangkan sikap professional dalam program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan.
6.  Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai bekal bagi yang berminat untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.

3.5.    Standar Kompetensi

A. Standar Kompetensi Lulusan ( SKL ) SMK
1.  Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja.
2.  Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya.
3.  Menunjukkan sikap percar diri dan bertanggungjawab atas perilaku, perbuatan dan pekerjaannya.
4.  Berpartisipasi dalam menegakkan aturan-aturan social.
5.  Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras dan golongan social ekonomi dalam lingkup global.
6.  Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif dan inovatif.
7.  Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif dan inovatif dalam pengambilan keputusan.
8.  Menunjukkan kemampuan budaya belajar untuk pemberdayaan diri.
9.  Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik.
10.  Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah komplek.
11.  Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan social.
12.  Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggungjawab.
13.  Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
14.  Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya.
15.  Mengapresiasikan karya seni dan budaya.
16.  Menghasilkan karya kreatif baik individual maupun kelompok.
17.  Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani serta kebersihan lingkungan.
18.  Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun.
19. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat.
20.  Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain.
21.  Menunjukkan keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistimatis dan estesis.
22.  Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis dan berbicara dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
23. Menguasai kompetensi program keahlian dan kewirausahaan baik untuk memenuhi tuntutan dunia kerja maupun untuk mengikuti pendidikan tinggi sesuai dengan kejuruannya.

B.       Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran

1.  Pendidikan Agama Islam
a.  Memahami ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan fungsi manusia sebagai khalifah, demokrasi serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
b. Meningkatkan keimanan kepada Allah sampai Qadha dan Qadar melalui pemahaman terhadap sifat dan Asmaul Husna
c.    Berperilaku terpuji seperti husnuzzhan, taubat dan raza dan meninggalkan perilaku tercela seperti isyrof, tabdzir dan fitnah
d. Memahami sumber hukum Islam dan hukum taklifi serta menjelaskan hukum muamalah dan hukum keluarga dalam Islam
e.    Memahami sejarah Nabi Muhammad pada periode Mekkah dan periode Madinah serta perkembangan Islam di Indonsia dan di dunia

2.  Pendidikan Agama Kristen 
a.    Mewujudkan nilai-nilai kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan sosial
b.  Merespon berbagai bentuk kehidupan modern, perkembangan budaya dan ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan mengacu pada ajaran Kristen
c.    Bertanggung jawab sebagai orang Kristen dalam kehidupan gereja, masyarakat dan bangsa
d.    Menyampaikan berita damai dan menjadi pembawa damai sejahtera

3.  Pendidikan Kewarganegaraan
a.    Memahami hakekat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia
b.  Menganalisis sikap positif terhadap penegakan hukum, peradilan nasional, dan tindakan anti korupsi
c.    Menganalisis pola-pola  dan  partisipasi aktif dalam pemajuan, penghormatan serta penegakan HAM baik di Indonesia maupun  di luar negeri
d.    Menganalisis peran dan hak warganegara dan sistem pemerintahan NKRI
e.    Menganalisis budaya politik demokrasi, konstitusi , kedaulatan negara, keterbukaan dan keadilan di Indonesia
f.     Mengevaluasi hubungan internasional dan sistem hukum internasional
g.    Mengevaluasi sikap berpolitik dan bermasyarakat madani sesuai dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945
h.    Menganalisis peran Indonesia dalam politik dan hubungan internasional, regional, dan kerja sama global lainnya
i.  Menganalisis sistem hukum internasional, timbulnya konflik internasional, dan mahkamah internasional

4.  Bahasa Indonesia

Tingkat Semenjana
a.    Mendengarkan
      Memahami wacana lisan dalam kegiatan penyampaian dan penerimaan informasi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
b.    Berbicara
  Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan penyampaian informasi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
c.    Membaca
      Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami wacana tulis berupa teks, grafik, dan tabel yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
d.    Menulis
      Menggunakan berbagai jenis wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan penyampaian  informasi dalam bentuk teks, grafik, dan tabel yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

Tingkat Madia
a.    Mendengarkan
Memahami wacana lisan dalam kegiatan penyampaian dan penerimaan informasi yang berkaitan dengan pekerjaan

b.    Berbicara
Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan penyampaian informasi yang berkaitan dengan pekerjaan
c.    Membaca
Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami wacana tulis berupa teks, grafik, dan tabel yang berkaitan dengan pekerjaan
d.    Menulis
Menggunakan berbagai jenis wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan penyampaian  informasi dalam bentuk teks, grafik, dan tabel yang berkaitan dengan pekerjaan

Tingkat Unggul
a.    Mendengarkan
      Memahami wacana lisan dalam kegiatan penyampaian dan penerimaan informasi yang berkaitan dengan kegiatan ilmiah sederhana
b.    Berbicara
      Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan penyampaian informasi yang berkaitan dengan kegiatan ilmiah sederhana
c.    Membaca
      Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami wacana tulis berupa teks, grafik, dan tabel yang berkaitan dengan kegiatan ilmiah sederhana
d.    Menulis
      Menggunakan berbagai jenis wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan penyampaian  informasi dalam bentuk teks, grafik, dan tabel yang berkaitan dengan kegiatan ilmiah sederhana


5.    Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
a.    Mempraktekkan keterampilan permainan dan olahraga dengan menggunakan peraturan
b.     Mempraktekkan rangkaian senam lantai dan irama serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
c.     Mempraktekkan pengembangan mekanik sikap tubuh, kebugaran jasnani serta aktivitas lainnya
d.    Mempraktekkan gerak ritmik yang meliputi senam pagi, senam aerobik, dan aktivitas lainnya
e.     Mempraktekkan kegiatan dalam air seperti renang, permainan di air dan keselamatan di air
f. Mempraktekkan kegiatan-kegiatn di luar kelas seperti melakukan perkemahan, penjelajahan alam sekitar, mendaki gunung, dan lain-lain
g.    Memahami budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari seperti perawatan tubuh serta lingkungan yang sehat, mengenal berbagai penyakit dan cara mencegahnya serta menghindari narkoba dan HIV

6.    Seni dan Budaya
      Seni Rupa
a.    Memahami konsep seni rupa dan memahami pentingnya seni rupa dalam kehidupan
b.    Menunjukan sikap apresiatif terhadap seni rupa

Seni Musik

a.    Memahami konsep seni musik dan memahami pentingnya seni musik dalam kehidupan
b.    Menunjukan sikap apresiatif terhadap seni musik

     

     Seni Tari

a.    Memahami konsep seni tari dan memahami pentingnya seni tari dalam kehidupan
  1. Menunjukan sikap apresiatif terhadap seni tari

Teater

a.    Memahami konsep teater dan memahami pentingnya teater dalam kehidupan
b.    Menunjukan sikap apresiatif terhadap teater

7.     Matematika
a.    Memahami konsep operasi bilangan riil serta penerapannya dalam pemecahan masalah
b.    Memahami konsep aproksimasi kesalahan serta penerapannya dalam pemecahan masalah
c.    Memahami sistem persamaan linier, pertidaksamaan linier, dan persamaan kuadrat, serta penerapannya dalam pemecahan masalah
d.    Memahami logika matematik dalam pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor serta penerapannya dalam pemecahan masalah
e.    Memahami konsep matriks dan penerapannya dalam pemecahan masalah yang terkait dengan matriks
f.     Memahami konsep perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dan penerapannya dalam pemecahan masalah
g.    Memahami konsep persamaan fungsi linier dan fungsi kuadrat dan penerapannya dalam pemecahan masalah
h.    Memahami konsep barisan dan deret dan penerapannya dalam pemecahan masalah
i.      Memahami konsep kedudukan, jarak, dan besar sudut dalam ruang dimensi dua dan penerapannya dalam pemecahan masalah
j.      Memahami konsep vektor dan penerapannya dalam pemecahan masalah
k.    Memahami konsep teori peluang dan penerapannya dalam pemecahan masalah
l.      Memahami konsep statistik sederhana dan penerapannya dalam pemecahan masalah
m.   Memahami konsep irisan kerucut dan penerapannya dalam pemecahan masalah
n.    Memahami konsep limit fungsi dan turunan fungsi dan penerapannya dalam pemecahan masalah
o.    Memahami konsep integral dan penerapannya dalam pemecahan masalah
p.    Menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah
q.    Menalar secara kritis dan mengembangkan aktivitas kreatif dalam memecahkan masalah serta mengkomunikasikan ide
r.     Menerapkan Matematika sebagai dasar penguasaan kompetensi produktif dan pengembangan diri

8.     Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
a.  Mampu mengenali gejala-gejala alam melalui pengamatan langsung dan menafsirkannya untuk kepentingan kehidupan sehari-hari
b.    Mengenali berbagai jenis polusi dan dampaknya terhadap manusia dan lingkungan
c.  Memiliki kesadaran dan mampu berperanserta dalam memelihara, menjaga, dan melestarikan ekosistem lingkungan dan sumber daya alam
d.    Menerapkan IPA sebagai dasar penguasaan kompetensi produktif dan pengembangan diri

9.            Fisika
a. Memahami prinsip-prinsip pengukuran dan melakukan pengukuran besaran fisika secara  langsung, tidak langsung,  secara cermat, teliti, dan obyektif
b. Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik, kekekalan energi, impuls, dan momentum
c.    Memahami sifat mekanik bahan serta menentukan kekuatan bahan
d. Mendeskripsikan prinsip dan konsep konservasi kalor sifat gas ideal, fluida dan perubahannya yang menyangkut hukum termodinamika serta penerapannya dalam mesin kalor
e.    Menerapkan konsep dan prinsip optik dan gelombang dalam berbagai penyelesaian masalah
f.  Memahami konsep getaran, gelombang, dan bunyi serta penerapannya untuk pemecahan masalah
g.    Menerapkan konsep dan prinsip kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai masalah
h. Menguasai konsep dasar Fisika yang mendukung secara langsung pencapaian kompetensi program keahliannya
i.   Menerapkan konsep dasar Fisika untuk mendukung penerapan kompetensi program keahliannya dalam kehidupan sehari-hari
j.  Menerapkan konsep dasar Fisika untuk mengembangkan kemampuan program keahliannya pada tingkat yang lebih tinggi


10.      Kimia
a.  Memahami konsep materi dan perubahannya, fenomena reaksi kimia yang terkait dengan kinetika, kesetimbangan, kekekalan masa dan kekekalan energi
b. Memahami sifat berbagai larutan asam-basa, larutan koloid, larutan elektrolit-non elektrolit, termasuk cara pengukuran dan kegunaannya
c.    Memahami konsep reaksi oksidasi-reduksi dan elektrokimia serta penerapannya dalam fenomena pembentukan energi listrik, korosi logam, dan pemisahan bahan (elektrolisis)
d.   Memahami struktur molekul dan reaksi senyawa organik yang meliputi benzena dan turunannya, lemak, karbohidrat, protein, dan polimer serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
e.  Meningkatkan kesadaran tentang terapan kimia yang dapat bermanfaat dan juga merugikan bagi individu, masyarakat, dan lingkungan serta menyadari pentingnya mengelola dan melestarikan lingkungan demi kesejahteraan masyarakat
f.   Memahami konsep, prinsip, hukum, dan teori kimia serta saling keterkaitannya dan penerapannya untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari dan teknologi
g.  Menggunakan pengetahuan dasar kimia dalam kehidupan sehari-hari, dan memiliki kemampuan dasar kimia sebagai landasan dalam mengembangkan kompetensi di masing-masing bidang keahlian.

11.  Bahasa Inggris   

      Level Novice
a.    Mendengarkan
Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk mendengarkan permintaan dan perintah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

b.    Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan  permintaan dan perintah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

c.    Membaca
Memahami makna dalam wacana tulis interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyimak permintaan dan perintah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
d.    Menulis
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan secara tertulis permintaan dan perintah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
      Level Elementary
a.    Mendengarkan
      Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk mendengarkan permintaan dan perintah yang berkaitan dengan pekerjaan
b.    Berbicara
      Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan  permintaan dan perintah yang berkaitan dengan pekerjaan
c.    Membaca
      Memahami makna dalam wacana tulis interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyimak permintaan dan perintah yang berkaitan dengan pekerjaan
d.    Menulis
      Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan secara tertulis permintaan dan perintah yang berkaitan dengan pekerjaan           

Level Intermediate
a.    Mendengarkan
    Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk mendengarkan permintaan dan perintah yang berkaitan dengan keprofesian
b.    Berbicara
    Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan  permintaan dan perintah yang berkaitan dengan keprofesian
c.    Membaca
    Memahami makna dalam wacana tulis interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyimak permintaan dan perintah yang berkaitan dengan keprofesian

d.    Menulis
      Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan secara tertulis permintaan dan perintah yang berkaitan dengan keprofesian

12.  Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
a.   Memahami konsep-konsep interaksi antar individu serta interaksi dengan lingkungan masyarakat sekitar
b. Memahami proses perkembangan kolonialisme dan imperialisme barat hingga terjadinya kebangkitan nasional
c.    Memahami konsep kebutuhan manusia akan barang serta memahami proses-proses dasar ekonomi dalam rangka pemenuhan kebutuhan
d.    Berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial ekonomi
e.    Memiliki komitmen tinggi terhadap nilai-nilai sosial, budaya, dan kemanusiaan
f.  Mampu berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk di tingkat lokal, nasional, dan global.

13.  Ketrampilan Kompetensi dan Pengelolaan Informasi ( KKPI )
a.    Mampu mengoperasikan komputer PC
b.    Mampu mengoperasikan sistem operasi software
c.    Mampu menggunakan teknologi komputer untuk mengolah data, keperluan sehari-hari serta keperluan yang terkait dengan kebutuhan dunia kerja
d.  Mampu mengoperasikan PC dalam suatu jaringan serta mengoperasikan web design

14.  Kewirausahaan
a.   Mampu mengidentifikasi kegiatan dan peluang usaha dalam kehidupan sehari-hari, terutama yang terjadi di lingkungan masyarakatnya
b.    Menerapkan sikap dan perilaku wirausaha dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakatnya
c.    Memahami sendi-sendi kepemimpinan dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari serta menerapkan perilaku kerja prestatif dalam kehidupannya
d.    Mampu merencanakan sekaligus mengelola usaha kecil/mikro dalam bidangnya

15.  Muatan Lokal/Global
a.  Bahasa Sunda
Menyimak
mampu menyimak, memahami dan menanggapi berbagai wacana lisan yang berupa pidato (biantara) dan siaran radio/televisi.
Mengungkapkan
mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara lisan dalam menceritakan pengalaman berpidato (bercerita). (ngadongeng), berdiskusi kelompok dan bercakap-cakap dalam situasi
Membaca
mampu membaca, memahami dan menanggapi berbagai wacana yang berupa sejarah lokal atau cerita babad, puisi dan berita dari surat kabar/majalah/media elektronik.

b.  Pendidikan Lingkungan Hidup
1.    Memahami konsep dasar lingkungan hidup
2. Menerapkan nilai-nilai ketertiban, kebersihan, dan keindahan dalam kehidupan dirumah, sekolah dan dimasyarakat.
3. Membiasakan diri berbudaya tertib pada lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
4. Membiasakan diri berbudaya bersih pada lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
5. Menerapkan nilai-nilai keindahan pada lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
6.Menerapkan konsep pembibitan, penanaman, perawatan/pemeliharaan dan pengawasan lingkungan hidup (P4LH).
7.    Melakukan pembibitan tanaman sebagai upaya nyata untuk pengelolaan lingkungan hidup.
8.    Menilai IPTEK dalam pengelolaan Lingkungan Hidup
9.    Menerapkan IPTEK dalam pengelolaan Lingkungan Hidup.

c.   Bahasa Jepang Tingkat Dasar I  (76 X 45 menit)
Mendengarkan      
Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk mendengarkan permintaan dan perintah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari         
Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan  permintaan dan perintah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari                   
Membaca
Memahami makna dalam wacana tulis interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyimak permintaan dan perintah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari  
Menulis
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan secara tertulis permintaan dan perintah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar